Monday, April 9, 2018

Inilah Alasan Wacana Pemerintah Intervensi Kenaikan BBM Non-Subsidi

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar mengungkapkan alasan di balik munculnya keinginan pemerintah untuk melakukan intervensi pada harga BBM umum atau yang dikenal dengan non-subsidi seperti Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Super dan lainnya.

"Karena kita ingin menjaga nilai inflasi yang terkendali terutama menjelang lebaran yang semakin dekat," kata Arcandra di Gedung Kementerian ESDM.

Arcandra tidak menepis bahwa kenaikan inflasi selalu terjadi ketika terjadi kenaikan harga dari harga BBM non-subsidi. sehingga membuat pemerintah harus mengambil langkah antisipasi dengan cara memberikan persetujuan pada setiap usula kenaikan harga BBM non-subsidi.
Inilah Alasan Wacana Pemerintah Intervensi Kenaikan BBM Non-Subsidi
Inilah Alasan Wacana Pemerintah Intervensi Kenaikan BBM Non-Subsidi

Selama ini, kenaikan harga BBM non-subsidi terjadi langsung ketika harga minyak dunia.

"Nanti akan terdapat Peraturan Menteri yang mengatur hal ini. Ini bukan mengenai harga keekonomian karena harga keekonomian tersebut adalah harga minyak dunia akan tetapi lebih kepada pengendalian inflasi dan melihat daya beli masyarakat," kata Arcandra.

Walaupun demikian, Arcandra Tahan memastikan bahwa intervensi tersebut tidak dilakan pemerintah hingga menyentuh aspek harga BBM non-subsidi tersebut. Jika disetujui maka perusahaan dapat menaikkan harga BBM sesuai dengan usulan mereka.

"Ya, kalau tidak disetujui harganya di situ. Pokoknya kenaikan harga haruslah atas persetujuan dari pemerintah," kata Arcandra.

Walaupun demikian, Arcandra tidak menjelaskan lebih mendetikl tentang apa yang akan dilakukan pemerntah jika tidak menyetujui kenaikan harga usulan tersebut.

Mantan Menteri ESDM hanya menegaskan bahwa pemerintah tidak akan ikut dalam skema penentuan harga melainkan memberikan persetujuan saja. "Nanti jika tidak disetujui kita lihat teknisnya bagaimana. Bisa saja di minta di hitung ulang ataupun akan disisir bagian yang dapat di tekan untuk menekan harga kenaikan. Intinya para penyalur BBM tersebut harus mengajukan usulan kenaikan," tutup Arcandra.

0 comments:

Post a Comment